Cara Mudah Mengatasi Sitemap.xml Custom Domain Blogger

Sitemap.xml Custom Domain Blogger
Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, sitemaps adalah peta situs. Dan secara sederhana menurut pengertian saya tentang sitemap pada blog adalah peta situs suatu web atau blog untuk memberikan panduan kepada robot mesin pencari untuk menelusuri semua konten blog.

Dan untuk Blogger sendiri tentunya fitur ini sudah tersemat di dalamnya, sebagai contoh sitemap blogspot http:/blogkamu.blogspot.com/sitemap.xml.

Namun jika kita menggunakan Custom Domain untuk blogspot, maka sitemap.xml dengan custom domain akan error 404 alias tidak dapat ditemukan. 

Sebenarnya saya tidak terlalu mempedulikan akan hal ini ketika mengganti dengan custom domain. Untuk mengatasinya saya menggunakan atom.xml untuk submit sitemap di webmaster seperti yang sudah saya utarakan pada postingan sebelumnya. Bisa Anda baca lagi tentang cara submit sitemap di Webmaster pada link di bawah ini.


Berangkat dari situ saya coba-coba mengakses atom.xml dengan custom domain Kompi Ajaib yaitu http://www.kompiajaib.com/atom.xml dan ternyata berjalan lancar tanpa error 404 alias ditemukan. Kemudian saya berpikir untuk mengalihkan sitemap.xml custom domain Kompi Ajaib ke atom.xml dan ternyata berhasil (http://www.kompiajaib.com/sitemap.xml). Karena penasaran saya coba dengan tool PageRank Status yang memiliki tool untuk mengecek sitemap.xml dan ternyata terdetek juga.

Nah bagi Anda yang menggunakan custom domain dan ketika dicek sitemap.xml-nya error, silahkan ikuti langkah sederhana di bawah ini untuk mengatasinya.

Langkah Pertama

Silahkan masuk ke dashboard blog >> Setting >> Search preferences >> Custom Redirects dan kemudian klik "Edit". Seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mudah Mengatasi Sitemap.xml Custom Domain Blogger


Langkah Kedua

Setelah klik pada "Edit" maka akan terbuka setting untuk Custom Redirects. Pada kolom "From" silahkan isikan /sitemap.xml dan pada kolom "To" isi dengan /atom.xml kemudian centang pada "Permanent" dan terakhir "Save". Seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Cara Mudah Mengatasi Sitemap.xml Custom Domain

Langkah Ketiga

Selesai, sekarang tinggal Anda cek sitemap.xml custom domain Anda dengan http://www.domainkamu.com/sitemap.xml dan silahkan cek pada tool-tool yang dapat mendetek sitemap.xml seperti addons PageRank Status pada Google Chrome.

Anda juga bisa membuat Sitemap untuk Blogger agar memudahkan pengunjung untuk menelusuri semua postingan blog dengan cara membuat Simple Sitemap sebagai daftar isi blog.


Selamat mencoba....

UPDATE:
Postingan ini sudah saya update untuk tahun 2015, silahkan simak di sini

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments