Apakah Google Sudah Tidak Memerlukan Deskripsi Blog?

Apakah Google Sudah Tidak Memerlukan Deskripsi Blog?

Bola Hero Gawai

Apakah Google Sudah Tidak Memerlukan Deskripsi Blog?

Deskripsi Blog
Apakah Google sudah tidak memerlukan deskripsi pada sebuah blog? Itulah pertanyaan saya yang muncul sekarang. Baru-baru ini Matt Cutts merilis sebuah video yang berbicara tentang deskripsi blog. 

Dia (Matt Cutts) menekankan bahwa sebuah blog jangan memiliki duplikat deskripsi jika ingin bagus pada SERP. Daripada memiliki duplikat deskripsi lebih baik tidak memilikinya sama sekali. Pernyataan itulah yang kemudian menimbulkan pertanyaan saya.

Matt Cutts kembali mengatakan biarkan Google yang menentukan deskripsi untuk sebuah postingan atau blog. Seperti kita ketahui, sejak Google (Blogger) merilis fitur auto-share postingan blog di Google+ kita bisa melihat bahwa Google secara otomatis mengambil deskripsi postingannya. Dan Google tidak mengambil deskripsi dari deskripsi postingan yang kita buat di Search Description pada post editor, melainkan dari paragraf pertama pada sebuah postingan. Padahal pada postingan tersebut jelas saya membuat deksripsi postingan pada post editor.

Share on Google+



Matt Cuts sendiri tidak membuat deskripsi pada blog pribadinya. Silahkan coba lihat page source blog Matt Cutts dan Anda tidak akan menemukan meta deskripsi di sana, begitupun pada postingannya. 

Saya sendiri belum mencabut meta deskripsi pada blog saya, saya menunggu pendapat dari blogger-blogger lainnya termasuk Anda semua. Namun dari apa yang dikatakan oleh Matt Cutts dan setelah melihat blog Matt Cutts, saya mengambil sedikit kesimpulan bahwa Google tidak memerlukan deskripsi pada blog atau postingan blog. 

Di bawah ini video dari Matt Cutts tentang perlu tidaknya deskripsi pada blog, silahkan simak baik-baik...


Bagaimana menurut Anda semua, saya tunggu responnya dari video di atas....

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

86 Comments Add Comment

Kalau menurut saya sih meta deskripsi gak usah di ilangin tapi diganti aja, soalnya saya kurang paham juga sih masalah meta tag ini :(

Balas

Pertamax gan... Sejujurnya saya belum begitu paham bahkan mungkin tidak akan paham selamanya tentang sistem atau cara kerja SEO yang sebenarnya. Dari banyak artikel mengenai berbagai tips/trick yang saya baca, sebagian besar sama dan tidak sedikit pula yang berbeda. Namun semuanya masih prakiraan semata. Artinya cara kerja SEO belum ada kata pasti.

Si Matt Cutts sendiri, penjelasan sering kali ngambang. Bukan kata pasti...

Kembali soal deskripsi blog, jika memang benar tidak diperlukan atau tidak mempengaruhi konten blog di google, terus untuk apa fitur deskripsi di dasboar blogger.

Menurut saya, penekanan dari pernyataan Akang Matt Cutts ini, soal duplikasi deskripsi yang wajib untuk dihindari. Karena blog bisa dianggap SPAM. Sedangkan deskripsi sebuah blog tetap diperlukan google untuk membaca inti atau point penting dari sebuah konten.

Jika deskripsi sebuah blob tidak ditentukan pemiliknya, maka Mas Google akan otomatis memprediksi deskripsi yang dianggap tepat melalui prakiraan alogaritmanya. Namun, jika ingin, pemilik blog juga dapat memberi tahu robotnya google deskripsi yang diinginkan melalui fitur yang telah disediakan.

si Matt Cutts sich enak, orang dia disarang google, mau ada deskripsi atau tidak blognya pasti akan terdeteksi. Kalau di Indonesia mungkin bisa disebut KKN he... he... (just kidding brodher). Nah, kalau blog kita, ya harus bersaing ketat dengan kerja keras melalui optimasi SEO, itu pun dilakukan dengan cara prakiraan.. hasil akhir tetap kembali pada keputusan robot google yang tanpa perasaan dan hati. Juga menentukan vonis melalui prakiraan alogaritma.

Tapi itu menurut saya mas bro....

Balas

waduh bahaya sekali itu mas .. tapi bener juga sih apa kata google .. agar tampilan lebih bagus lagi

Balas

Iya mas jadi penuh teka-teki heheheh :D

Balas

hhmmm saya nyimak dulu deh.... memang dg keyword2 tertentu dlm hasil pencarian, semua artikel bisa menjadi deskripsi... nunggu teman2 yg lain juga.. soalnya sy nggak paham videonya

Balas

Betul mas...memang sepertinya itulah SEO, penuh teka-teki. Inilah sisi lain dari internet yang memiliki permainan menarik yang selalu kita coba solusinya :D Makasih komentar yang cukup gamblang ini :D

Balas

Iya mas kadang pernyataan Matts Cutts penuh teka-teki juga :D jadi mesti pinter-pinter nyernanya :)

Balas

Iya mas nunggu barangkali ada master SEO yang nyasar kemari :D

Balas

Iya mas, SEO memang unik. Makin dipelajari makin menarik (jika tidak mau dikatakan kecanduan) he.. he.......

Balas

Saya tunggu info lanjutannya ajah Mas..
Kalo memang tidak diperlukan nanti akan saya cabutt but.. he.. :)

Balas

Naon nu dicabut teh kang? :D kade enging tarik teuing nyabutna :D hehheehe

Balas

Saya sih cuek bebek saja ni mas andhy :) karena tidak mengerti tentang meta tag dan lain-lain. Dan richsnippet yang berbintang 5 / dengan bintan 5 dengan gambar sudah di hilangkan yah?

Soalnya blog saya pernah memakai itu dan setelah saya check udah pada ilang :D

Balas

Satu hal lagi nih. Izin follow blog ini ya kang ^_^

Balas
This comment has been removed by the author.

Silahkan mas dengan senang hati :D

Balas

met siang kang,ane msh belajar tentang seo dan msh gk ngerti.ijin masang link blog akang di blog ane.sukses buat kang Adhy ma Kompi'y

Balas

Kira-kira meta deskripsi blog saya mempunyai duplikat gak ya ?? waduh kalau ada duplikat bisa bahaya nih. Mas bisa minta tolong gak ?? kira-kira blog saya yang www.mestiqui.com ada duplikat deskripsi apa tidak mas ? :) tolong mas

Balas

Silahkan mas :D makasih buat doanya :)

Balas

Orang lain ga bisa lihat mas, harus sama admin blognya di webmaster tools, masuk ke Search Appearance >> HTML improvements nah di situ ada duplikat meta deskripsi dan lainnya :D

Balas

Nu penting mah "Keep Posting", biarkan Google yang menentukan peringkat artikel. Bener teu mas adi? :D

Balas

Sepertinya memang begitu mas Minato

Balas

Kalau kaya gini (http://prntscr.com/2577fq) ada duplikatnya gak mas ? dan jika ada cara ngatasinnya gimana ? :)

Balas

Itu jelas ada mas, duplikasi deskripsi, deskripsi yang terlalu pendek dan duplikat title. itu bisa saja datang dari versi mobile, komentar, dan lain-lain. Harus dilihat dulu datangnya dari mana dengan klik tulisan yang berwarna biru tersebut, nanti terlihat dari satu postingan ada berapa duplikatnya dan dari mana datangnya. biasanya kalau dari versi mobile ada kode m=0 atau m=1 kira-kira seperti itu

Balas

Terimakasih mas, saya lihat dulu

Balas

Mas, saya hanya menambahkan max-results pada url label blog, tetapi malah dihitung sebagai duplikat meta tag, apakah harus external link, atau bagaimana mas ?

Contoh : http://www.mestiqui.com/search/label/Blogger?max-results=8

Balas

Emh, kalau saya sih jarang memasukkan Deskripsi pada Postingan, tapi kalau di halaman utama, saya tetap pakai Deskripsi Mas.. Hehehe biar blognya keren ... :P

Balas

Wah.. kalau gitu gimana dengan meta tag yang saya terapkan ini? apakah ada penggaruh ya mas adhy?

http://1.bp.blogspot.com/-xkDZ-r4bNlU/Uos6wybA6bI/AAAAAAAANTY/jD6Xh5N4k00/s1600/www.google.com.png

Balas

Bukan max-results nya yang menjadikan duplikat tapi search labelnya atau archieve blog. Coba tambahkan meta ini

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<meta content='noindex,follow' name='robots'/>
<meta content='noindex,follow' name='googlebot'/>
</b:if>

Balas

saya pribadi terkadang gak terlalu merhatikan hal ini,, memang sih agak sedikit kaget akan perubahan yang terjadi,, tapi ach biarin aja apa mau'nya om google.. hehehe.. :D

Balas

Heheheeh iya biar keren kaya Mas Nazar :D

Balas

Bukan seperti itu sis, duplikat deskripsi itu sebuah deskripsi yang sama yang terdapat pada postingan yang sama dengan link berbeda yang muncul di SERP. Untuk melihatnya coba di webmaster tools seperti penjelasan saya pada mas Ahmad di atas.

Balas

Iya juga sih mas, akhirnya terserah Google juga heheehe :D

Balas

Sebaiknya memang tidak perlu dihilangkan deskripsi pada blog.. :)
Ada yg menarik dari kata2 kang Dedi ini:
"jika memang benar tidak diperlukan atau tidak mempengaruhi konten blog di google, terus untuk apa fitur deskripsi di dasboar blogger"

Balas

Jika melihat demikian memang betul adanya :)

Seingat saya waktu pertama ngeblog dan baru ada Google+, Google masih mendetek deskripsi blog ketika kita share postingan di Google+ seperti halnya ketika kita share postingan ke Facebook. Namun setelah rilis algoritma panda (kalau ga salah) Google tidak lagi mendetek deskripsi postingan. Terlihat dari ketika share postingan ke Google+, hanya judul post dan link yang tampak di sana. Dan sekarang Google menggunakan auto-create snippets untuk membuat deskripsi postingan di Google+.

Mungkin kita lihat saja selanjutnya, jika kita membuat deskripsi pada postingan dan otomatis postingan kita dishare ke Google+ dengan auto deskripsi Google dan ini menyebabkan duplikat deskripsi, maka mungkin benar adanya apa yang dikatakan Matt Cutts. Namun jika tidak menyebabkan duplikat deskripsi, maka meta deskripsi blog kita aman untuk digunakan.

Balas

hal yang seperti ini nih yang bikin banyak orang bingung hehehe :D

Balas

Betul mas... jadi teka-teki untuk dipecahkan bersama :D

Balas

malem kang,ane mo nanya gm cra'y memperbaiki deskripsi meta singkat soalnya punya ane ada 2 deskripsi meta tag

Balas

Edit lagi postingannya kemudian tambahkan deskripsinya (search description) biar tidak terlalu singkat.

Balas

udh beberapa kali tetep msh ada yg 2 smpe bingung untk yg lainnya seperti halaman gk ada masalah

Balas

Kadang Google butuh waktu yang agak lama, saya juga pernah mengalaminiya. Jika sudah diedit dengan menambahkan deskripsi lebih panjang, biarkan Google untuk mendeteknya. tar lama-lama juga ga ada :D Saya juga begitu dulu...

Balas

ok kang terima kasih banyak nanti ane cba edit lagi dgn nambahin deskripsi

Balas

Duh ketinggalan gosip yeuh kang .. rada lumayan sibuk !!
menurut saya simple saja .. kenapa ada deskripsi berarti ada arti disana .

Balas

Deskripsi blog tdk diperlukan oleh google di halaman google plus, tapi masih diperlukan di halaman penelusuran google.

Oleh karena itu deskripsi blog (deskripsi judul blog dan deskripsi postingan) tetap dimunculkan di halaman penelusuran google, namun hanya bersifat opsional.

Bagi blog yg menderita duplikat judul, deskripsi blog ini merupakan cara alternatif untuk mengusir duplikat judul dari halaman penelusuran google. Menurut saya begitu mas Adhy,,, makasih utk opininya yg menarik ^^

Balas

Kenapa ada duniaradioku? Berarti ada kang Ruly di sana hehehehe... :D
Iya kang deskripsi kan mengartikan judul dari sebuah postingan, bukan begitu? :D

Balas

Algoritma google yang berubah, pasti juga akan membawa perubahan pada system penilaian blog ya mas...

Balas

Iya mbak memang kenyataannya seperti itu :)
Google memang selalu penuh misteri yaaa :D

Balas

Sepertinya memang begitu mas, untuk penyesuian dengan lainnya :)

Balas

sebenarnya deskripsi ini memang tidak berguna, intinya hanya pada tombol share standar blogger. bukankah tidak ditambahkan deskripsi pada postingan dan setelah blog terindex masih tetap terbaca oleh mesin pencarian pada ringkasan postingan kita? jadi apa manfaatnya deskripsi ini, bukankah hanya menambah duplikat deskripsi dimata gugel? :)

Balas

wah ketinggalan berita nih.. em...
saya kurang paham atau bisa dikatakan tidak paham sekali tentang soal deskripsi blog :D mas Adhy
jadi ane hanya menyimak dulu mas. sukses selalu mas Adhy

Balas

Ya...seperti itulah inti dari penyataan Matts Cutts pada video di atas mas Taufik :D Jadi benar apa yang Matt Cutts bilang "biarkan Google yang menentukan deskripsi sebuah blog atau postingan".

Balas

Iya mas semoga ini menjadi masukan yang berguna bagi kita semua :)

Balas

kalau gini caranya obat sakit kepala jadi tambah laku dan rumah sakit jiwa bisa2 jadi tambah penuh....!.

mumet ndas q...!

Balas

Jadikan aja ini salah satu hiburan di dunia blogging mas :D

Balas

Menurut hemat saya, deskripsi blog sangat penting. Buktinya, google membuatkan deskripsi blog yang tanpa deskripsi. Akan tetapi penekanannya jangan sampai ada duplikasi, saya setuju dengan pendapat Kang Dedi Ariko.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi pemula atau yang kurang peduli dengan meta tag, karena deskripsi akan digenerate oleh google. Justru yang berbahaya pemasangan meta tag yang salah tanpa tag kondisional, sehingga memunculkan meta tag yang sama antara homepage dan postingan.

Untuk web Matt Cutts sendiri justru saya menemukan deskripsi yang dibuat oleh FB opengraph. Artinya si Kang Matt masih peduli dengan meta tag deskripsi.

Adapun untuk Google Plus, saya kira tidak jadi patokan, kalaupun G+ tidak menampilkan deskripsi dari blog, bukan artinya tidak diperlukan. tapi yang digunakan adalah 'snippet' bukan 'meta description', kalau dalam XHTML blogger dikenal dengan <data:post.snippet/>.

Menurut hemat saya jangan melihat G+ atau web Matt Cuts, tapi SERP google sendiri.. beberapa postingan saya menunjukan bahwa yang ditampilkan adalah deskripsi, contoh :

http://3.bp.blogspot.com/-UiVeTSyepqI/Uow9c1mzHyI/AAAAAAAAGGc/upGZ9Pgc5aY/s1600/description.png

walaupun tidak selamanya deskripsi yang ditampilkan, sesuai dengan alogaritma hummingbird.

beeuhh.. panjang nya.. nembe komen bener2 yeuh :D

Balas

Muhun kang komenna tiasa janten hijieun postingan hehehehe :D
Ya... saya setuju juga dengan apa yang kang Ismet dan kang Dedi utarakan. Deskripsi tetap dibutuhkan untuk menggambarkan isi dari sebuah judul postingan.

Di sini yang dipemasalahkan yaitu duplikat deskripsi. Mungkin yang kang Matts maksudkan jika kita ragu untuk membuat deskripsi karena takut menjadi duplikat deskripsi, lebih baik kita tidak pasang sama sekali. Jika kita memasangnya, maka pasanglah dengan benar sehingga tidak menyebabkan duplikat. Mungkin itu maksudnya ya kang... :D

Balas

yah begitulah kira2nya.. hehhehe panjang2 teh sakitu simpulna mah nya :D

Balas

Beneran nih mas ? :D kompiajaib memakai ini atau tidak mas?

Balas

mas, duplikat juga terjadi dihalaman label, foto (http://prntscr.com/25f2ll) ngatasinnya gimana mas ?:) tolong mas

Balas

Iya mas saya pakai itu agar archive blog tidak di crawl.

Balas

Wah menarik sekali ya video nya Matt Cuttt tersebut. Sayang, saya nggak paham bahasa Inggris hehe :D

Kalau saya biasanya sih asal nulis saja di Entri Baru dan setelah itu langsung diterbitkan di blog. Kadang-kadang kalau nggak lupa ya menulis deskripsi pada Editor Post. Udah itu aja hehe :D

Balas

kalau memang nanti decripsi blog sudah tidak ada gunanya. tolong di share ya mas.. biar blogger amatir seperti saya tau dan akan mencopot decripsi blog saya, karena tidak relefan dengan isi blog hahahaha

Balas

Blognya ramai weee.. oke saya mulai pendapat saya..

Saya kira itu untuk jangka panjang saja sob, kemarin keyword sudah hilang, mungkin lain kali deskripsi juga bisa hilang. tapi kalau saya masih menggunakan saja untuk membantu mesin pencari hahahaaaa... tetapi kadang juga melihat webmaster tools untuk tau terjadi duplikat tidaknya
Matt cutt emang tidak memberi meta deskripsi karena takud duplikat konten ya, makanya dia biarkan googleboot yang menentukan sendiri deskripsinya. apalagi sekarang kan google sudah memasang crawl yang bersifat deep article. itu yang menurut saya makin sip aja google

Balas

nah....! ni dia penjelasan yang bisa saya cerna (kalau bahasa linggis susah mengartikannya)

Balas

Enggak di kasih deskripsi juga sebetulnya Google akan memberikan deskripsi pada postingan yang tampil di SERP diambil dari artikelnya, atau kadang2 dari isi komentar sesuai dengan keyword yang diketikan oleh penggunanya.

Balas

Saya sendiri belum tahu pasti apakah deskripsi ini nasibnya akan seperti keyword atau tidak. Kita tunggu kelanjutan ceritanya :)

Balas

Bisa jadi akan seperti itu juga sob... memang Google susah untuk diprediksi. kita hanya bisa menebak-nebak aja :D

Balas

oh gitu ya hehehe... oya mas, kemarin saya kan sudah download idm dan KePaIman6UnREaL, tpi sekarang kok KePaIman6UnREaL nya error gitu, apakah sudah kardaluasa ya?

Balas

Iya sama saya juga ngalamin hari ini, uninstall aja idm-nya kemudian lihat jika masik ada file yang tersisa di Program Files hapus aja. Sepertinya obatnya sudah kadaluarsa. Saya juga sekarang sedang menghapus konten-konten software, dan akan fokus pada blogging dan internet lainnya (mencoba bikin niche blog sis).

Balas

ha? jadi gak ada obatnya ya mas? cariin dong mas, kan sangat bagus untuk download kalau pakai idm.

Balas

Oh, tetapi blog saya (mestiqui.com) sudah memakai meta tag dari blognya o-om.com yang katanya Super SEO. Nah, tetapi saya liat di meta tag tersebut seperti sudah ada meta tag archive mas. Lantas apakah akan terjadi bentrok meta tag atau gimana mas? :)

Balas

menyimak para mastah berpendapat, ane cuma pendengar setia aja dah :D

Balas

jadi kenapa harus dibikin pusing deskripsinya mending kita ngopi hideung kang weya kadieu aya comro sama cireng yeuhh ( kieu gening ari sikabayan mah karesepna hehe )

Balas

Iya mas semoga ada solusi terbaiknya :D

Balas

Tos lami liren ngopi, tah mun comro saren cireng mah agehan kang heheehe :D Tos we deskripsina gentos ku comro kitu hehehe :)

Balas

Iya Mas Andre... alhamdulillah akhirnya Mastah kang Ismet komen di dieu.. :D

Balas

Jika sudah ada ga usah dipasang lagi. paling blok duplikatnya pakai robots.txt

Balas

Sepertinya hampir semua pengguna IDM yang pakai patch mengalaminya, bukan karena patch yang kemarin sudah expired tapi sepertinya idm menambahkan pendetek fake serial atau apalah. Sepertinya sudah ada yang bisa mengatasinya tuh sis. Coba cari pakai kata kunci ini Internet Download Manager Pop-Up Remover "Fake Serial"

Balas

sllu gunakan rel='nofollow' ane juga pake meta itu dari templatenya mas sugeng dan terbukti ampuh gk ada duplikasi meta cma ada 2 deskripsi meta tag singkat

Balas

hehe biarkan mat cut menggonggong kang hehe
saya mah dah males oprek"
dah 2x kena padahal saya menggunakan fasilitas dr google sendiri
yg pertama akun ditangguhkan gara" pake fasilitas dr simbah
skrng serp sirna :-D gara" trafik spam katana wkwkwk

Balas

Hmmm, Robots.txt blog saya juga kayaknya belum keindex, saya cek di SEOAnalyser

Balas

mas, kata mas sugeng sih, jk sdh mengaktifkan semuanya termasuk robot.txt memang tidak langsung terdapat pemberitahuan bahwa tidak ada masalah dalam blog dan google merayapi blog anda, akan tetapi pemberitaan di web master saat mengecek Appearance >> HTML improvements, bisa 1 bulan kemudian atau bahkan lebih..

Balas

bahasa pada video saja tidak tahu artinya kang ardhy =D salam

Balas

met kenal ya kang. mau tanya nich kang seputar deskripsi post. gmana sich caranya agar setiap kita melakukan share baik itu otomatis maupun manual deskripsi post kita dapat tampil secara otomatis seperti pada gambar kang adhy diatas ? mohon bantuanya kang

Balas

Wah kok bisa begitu ya mas :(

Balas

Ya kira-kira seperti yg saya tulis di atas mas :)

Balas

Coba simak di sini mas http://kompiside.blogspot.com/2013/02/membuat-deskripsi-postingan-agar-bisa-share-di-google-dan-facebook.html

Balas
Add Comment

Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×