Mengatasi Editor Komentar Yang Tidak Muncul Pada Versi Mobile

Editor Komentar Yang Tidak Muncul Pada Versi Mobile
Dasar tangan ini gatel kalau tidak ngutak-ngatik kode jadinya kalang kabut jika ada sesuatu yang malah menjadi error hehehehe... Masalahnya lupa bagian yang mana yang telah diubah yang malah menyebabkan error hadeueuhhh...

Ini berawal ketika bermaksud mengedit bagian comment form, seperti biasa kodenya dikutak-katik agar tampilannya sesuai dengan yang saya inginkan. Karena template ini sudah responsive maka untuk melihat perubahannya tidak bisa melihat dari preview editor HTML saja, harus di save dulu editannya baru dicek pakai responsive tool. Setidaknya itu yang selalu saya lakukan ketika mengedit HTML blog.

Setelah perubahan yang saya lakukan pada comment form di save, maka saya coba cek tampilannya langsung pada blog dan juga menggunakan responsive tool dan hasilnya memuaskan. Beres... hehehehe...

Nah sesudah agak lama kemudian ada teman yang kebetulan mengakses blog Kompi Ajaib ini dengan handphonenya memberitahukan kepada saya bahwa editor komentarnya enggak muncul sehingga tidak bisa memberi komentar pada postingan blog. Kaget juga mendengarnya, padahal ketika dicek di responsive tool tampilan editor komentarnya muncul di semua ukuran device. Kemudian karena penasaran saya juga cek dengan HP saya dan memang kenyataannya editor komentar blog tidak tampil.

Setelah saya lihat kodenya dan mengingat-ingat kode apa saja yang telah dirubah sebelumnya, akhirnya ketemu juga biang keladinya hehehehe.... Akhirnya ini jadi pengalaman juga, nah bagi Anda yang juga tengah mengalami masalah seperti ini silahkan coba pengalaman saya ini.

Ternyata penyebabnya adalah editor komentar (comment editor) yang saya rubah lebarnya menjadi kurang dari 100%. Jadi menurut pengalaman saya ini jangan pernah merubah lebar comment editor kurang dari 100% tapi kalau lebih enggak apa-apa. Biasanya kode CSS comment editor ini kurang lebih seperti di bawah ini.

#comment-editor{width:100%!important;}

Dengan merubah lebarnya menjadi kurang dari 100% (misalnya menjadi 99.5%) maka komentar editornya tidak akan tampil di versi mobile. Jika Anda merasa merubah lebar comment editor ini menjadi kurang dari 100%, silahkan coba cek dengan handphone Anda. Jika ternyata komentar editornya tidak ada coba kembalikan lebarnya menjadi 100% lagi.

Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi Anda juga ....

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments