Mengatasi Duplicate Description Akibat Jump Break Otomatis Dari FeedBurner

Duplicate Description
Beberapa waktu yang lalu saya telah share cara membuat jump break otomatis untuk mengatasi auto blog yang biasanya mengambil konten blog dari feed suatu blog. Dengan membuat jump break di FeedBurner ini maka konten kita tidak tampil seluruhnya, tapi hanya sebagian sesuai dengan setingan kita di FeedBurner. 

Diharapkan dengan feed yang singkat ini para auto blog ini menjadi tidak tertarik pada feed blog kita. Namun dengan ini, ada masalah lain yang mengikuti trik ini yaitu menjadi adanya duplicate description di Webmaster yang datang dari link feed kita. Namun tenang saja, kita bisa mengatasinya dengan bantuan robot.txt.

Namun sebelumnya silahkan Anda baca dulu postingan tentang cara membuat jump break otomatis di link di bawah ini.
Jika Anda sudah menggunakan trik membuat jump break otomatis di FeedBurner ini, silahkan coba cek di Webmaster >> Search Appearance >> HTML Improvements. Nah di situ biasanya ada duplikat deskripsi yang diakibatkan oleh feed dari FeedBurner dan url-nya seperti contoh di bawah ini.

http://www.kompiajaib.com/2013/10/modifikasi-tampilan-video-youtube-di.html?utm_source=feedburner&utm_medium=email&utm_campaign=Feed%3A+KompiAjaib+(Kompi+Ajaib+%7C+All+About+Sharing)

Nah untuk mengatasinya, saya sendiri menggunakan robot.txt. Silahkan tambahkan kode di bawah ini pada robot.txt blog Anda seperti contoh di bawah ini.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /*/*/*.html?utm_source=feedburner&utm_medium=email&utm_campaign=Feed%3A+KompiAjaib+(Kompi+Ajaib+%7C+All+About+Sharing)

User-agent:*
Allow: /
Disallow: /*/*/*.html?utm_source=feedburner&utm_medium=email&utm_campaign=Feed%3A+KompiAjaib+(Kompi+Ajaib+%7C+All+About+Sharing)

Sitemap: http://www.kompiajaib.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
Silahkan tambahkan kode yang berwarna merah saja pada robot.txt blog Anda. Sesuaikan dengan url feed blog Anda yang menyebabkab duplikat tersebut. Kode di atas hanya sekedar contoh yang saya ambil dari feed blog Kompi Ajaib yang menyebabkan duplikat deskripsi di Webmaster.

Alhamdulillah dengan robot.txt ini duplikat deskripsi akibat feed dari FeedBurner ini bisa diatasi dengan tuntas.

Sebenarnya untuk mengatasi duplikat deskripsi dan title dari lainnya seperi dari mobile, search, dari komentar dan lain-lain, saya menggunakan robot.txt juga. Bisa Anda lihat pada link ini http://www.kompiajaib.com/robots.txt. Dengan robot.txt tersebut, blog saya terbebas dari duplikat deskripsi dan title.

Mungkin di antara Anda ada yang belum tahu cara menambahkan robot.txt di blog. Silahkan masuk ke dashboard blog Anda, kemudian klik Setting >> Search preferences >> Custom robot.txt >> klik Edit >> Pilih Yes pada Enable custom robots.txt content? Kemudian ketikan robot.txt ke dalam kotaknya dan terakhirnya Save Changes. Selesai...

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments