Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Alexa Rank Menurun

Alexa Rank Menurun
Sebulan terakhir ini Alexa rank Kompi Ajaib menurun terus (angkanya bertambah), terakhir sebelum Alexa menurun angka terakhir menunjukan 30 ribuan dan sebulan kemudian mencapai angka 50 ribuan. Cukup lumayan besar pengurangannya, sekitar 20 ribuah terbuang selama 1 bulan. 

Begitu pun dengan pageview blog, sebelum Alexanya menurun angka pada pageview sekitar 4 ribu per hari. Kemudian menyusut menjadi sekitar 1500 pageview per hari. Namun alhamdulillah seminggu terakhir ini pageview terus meningkat dan sekarang telah mencapai 5 ribu pageview per hari dan Alexa pun mulai menunjukan kenaikan.

Hal ini dimulai ketika saya merubah susunan template menjadi responsive. Saya pikir dengan tidak mengganti template dan hanya merubah susunan blog menjadi responsive tidak akan mengganggu Alexa rank. Karena kita tahu bahwa mengganti template blog adalah salah satu penyebab Alexa rank turun. Saya sudah membuktikannya dengan beberapa kali mengganti template, maka Alexa pun ikut berubah menjadi kembali besar. Karena itu saya tidak mengganti template untuk menjadi responsive, tapi hanya merubah susunan blog menjadi responsive. Ternyata dengan begitu pun, merubah susunan blog menjadi responsive adalah sama saja dengan merubah template blog yang berakhir pada penurunan Alexa rank.

Lantas apa hubungannya antara Alexa dengan pergantian template blog? Yang bisa saya perkirakan setelah pengalaman beberapa kali ganti template yaitu dengan bergantinya template maka itu merubah pembacaan Alexa pada suatu blog yang mengakibatkan menurunnya Alexa rank. Sebenarnya banyak penyebab Alexa rank menurun, tidak hanya mengganti template blog seperti tidak mengupdate artikel pun bisa jadi penyebab menurunnya Alexa rank.

Nah penurunan Alexa rank Kompi Ajaib setelah dirubah menjadi responsive diperparah lagi dengan perubahan algoritma (pembacaan Alexa terhadap traffic suatu blog) yang diluncurkan Alexa dengan ditandai berubahnya tampilan dashboard Alexa dan beberapa fitur yang dihilangkan. Hadeueuehh.... pantesan lumayan pegel untuk mengembalikan Alexa rank Kompi Ajaib pada jalurnya. Selama satu bulan ini saya berusaha untuk menaikan kembali Alexa rank Kompi Ajaib dan akhirnya setelah mentok di angka 50 ribuan kini Alexa rank menunjukan penurunan kembali.

Hal yang perlu dilakukan ketika Alexa rank blog Anda menurun adalah terus mengupdate blog Anda dengan artikel-artikel yang fresh dan original minimal 1 postingan per harinya. Dengan artikel yang fresh ini maka kemungkinan banyak artikel akan banyak dibaca orang lain. Juga artikel harus original hasil pemikiran Anda sendiri agar selain disukai para pembaca juga tentunya akan disukai oleh search engine seperti Google. Dengan begitu akan dengan sendirinya menaikan traffic blog yang datang dari hasil pencarian. Apalagi sekarang Google menggunakan algoritma hummingbird yang benar-benar mencari relevansi antara keyword yang diketikan pada search engine dengan konten-konten blog yang betul-betul original.
Dan yang jangan dilupakan adalah blog walking dan berkomentar di blog-blog orang lain. Selain admin blog yang kita komentari, juga komentator-komentator lain yang penasaran dengan kita akan menelusuri blog kita lewat profil kita. Namun di sini tentunya kita harus tetap beretika dan mematuhi aturan-aturan untuk berkomentar pada setiap blog agar komentar kita tidak dianggap spam.

Mungkin bagi sebagian orang, Alexa rank ini tidak menjadi suatu hal yang harus diperhatikan. Namun bagi saya pribadi Alexa rank menjadi suatu dorongan untuk terus menulis sesuatu yang mungkin bisa berguna juga bagi orang lain. Dengan Alexa rank kita menjadi tahu bahwa tulisan-tulisan yang kita buat disukai dan dicari para pembaca.

Sebagai bonusnya silahkan nikmati video musik Citra Scholastika - Pasti Bisa di bawah ini.
Tertarik untuk membuat tampilan video Youtube seperti di atas? Silahkan menuju postingannya di link di bawah ini.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments