Beberapa Faktor Untuk Antisipasi Hummingbird Algoritma

Antisipasi Hummingbird Algoritma
Tampaknya tahun ini Google memang benar-benar tidak akan melakukan update PageRank. Buktinya sudah sampai tanggal 9 Oktober 2013 ini tidak ada tanda-tanda kehadirannya. Kalau melihat kebiasaan Google sebelumnya, maka seharusnya bulan September - Oktober ini adalah season ketiga untuk update PageRank pada tahun 2013 ini seperti yang sudah saya postingan sebelumnya.


Mungkinkan ini ada kaitannya dengan algoritma hummingbird yang baru Google luncurkan?

Tentu saja Google PageRank ini ada kaitannya dengan dengan algoritma Google. Karena memang pagerank merupakan salah satu unsur dari sekian banyak unsur yang menentukan kekuatan suatu web untuk menampilkan kontennya di halaman pertama Google. Namun bukan berarti web dengan PR yang tinggi akan menjamin kontennya muncul di halaman pertama Google.

Apalagi sekarang setelah algoritma hummingbird di luncurkan yang lebih mementingkan relevansi antara konten dengan pertanyaan-pertanyaan yang diketikan pada kotak penelusuran. Dengan ini telah terjadi perubahan besar pada hasil pencarian Google. Jadi sepertinya Google menunda waktu update pagerank dan menunggu waktu yang tepat untuk melakukanya. Karena kita tahu bahwa Google memang sulit untuk dipediksi dan ini menjadikan hal yang menarik di dunia maya ini. Nah pertanyaan yang muncul yaitu "Apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi hummingbird algoritma sekarang ini?"

Sebenarnya saya bukanlah seorang ahli SEO dan baru 2 tahun ini mengenal dunia blogging. Blog Kompi Ajaib yang saya kelola ini akhir-akhir ini jumlah pageview blog meningkat tajam. Hampir 80% pengunjung datang dari hasil pencarian Google. Tentunya hal ini cukup menggembirakan buat saya. Tidak banyak yang saya lakukan dalam menulis sebuah konten. Dan di bawah ini ada beberapa hal yang biasa saya lakukan yang mungkin bisa digunakan untuk mengantisipasi algoritma hummingbird ini.

1. Mencoba menulis sesuatu yang fresh.

Cobalah membuat konten yang fresh (segar) yang mungkin tengah dibicarakan oleh banyak orang atau sesuatu hal yang baru terjadi. Gunakan pemahaman sendiri dengan menggunakan gaya bahasa kita. Ini artinya kita jangan melakukan copy paste artikel orang lain meskipun kita menyertakan url sumber copas kita. Men-copas artikel orang lain tentunya ini akan menjadikan artikel yang kita buat menjadi basi dan tidak segar. Ini akan menjadi pandangan buruk search engine terhadap konten kita, dan kemungkinan ditendangnya artikel kita dari halaman pertaman Google akan lebih besar.

2. Mencoba menulis original konten dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Lagi-lagi di sini saya tekankan, jangan melakukan copas artikel orang lain karena jelas-jelas artikel copas adalah bukan artikel original. Artikel original bagus di hasil pencarian namun artikel original pun belum tentu menjamin bagus untuk blog kita jika artikel yang kita tulis terlalu berbelit-belit dan susah dimengerti pembaca. Sekali orang tahu bahwa konten kita susah dimengerti maka akan segan untuk kembali ke blog kita. Hal ini tentunya akan berdampak kurang baik pada blog.

3. Lakukan Authorship untuk blog kita.

Dengan kala lain ini adalah menghubungkan blog kita dengan profil Google+ kita. Tapi hali ini akan lebih dari sekedar menghubungkan blog dengan Google+, dan ini hal yang disukai oleh Google. Bisa kita lihat di hasil pencarian, url postingan disertai dengan photo profil Google+ yang menandakan bahwa postingan tersebut memiliki author yang jelas.

4. Terus lakukan update postingan blog.

Dengan rajin melakukan update postingan, maka Google akan semakin mudah meng-index blog kita dan postingan yang kita terbitkan tentunya akan mudah tampil di hasil pencarian. Tidak hanya Google yang menyukai hal ini, Alexa pun demikian seperti yang sudah saya utarakan pada postingan sebelumnya.

5. Tanamkan inbound link yang relevan.

Buatlah inbound link yang benar-benar relevan dengan postingan yang kita buat, sehingga pembaca akan lebih tertarik untuk menelusurinya karena ini masih berhubungan dengan postingan yang sedang dibacanya. Dan yang perlu diperhatikan adalah ini akan bisa dilakukan jika postingan yang kita buat benar-benar hasil pemikiran kita. Artikel copas tidak akan bisa melakukan ini dan akan benar-benar sulit untuk menanamkan inbound link yang benar-benar relevan dengan postingannya. Hal ini juga (inbound link) akan secara otomatis menaikan jumlah pageview blog kita.

Secara garis besar itulah yang tengah saya lakukan dan beryukur bahwa tampaknya burung kolibri Google menyukai blog yang saya kelola ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang dari hasil pencarian. Namun tentunya masih banyak lagi hal yang mesti dilakukan dalam mengantisipasi algoritma hummingbird ini agar blog kita disukai oleh search engine. Buatlah blog Anda seramah mungkin terhadap SEO, karena sekarang ini SEO masih berlaku di dunia internet ini.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments