Beberapa Faktor Untuk Antisipasi Hummingbird Algoritma

Beberapa Faktor Untuk Antisipasi Hummingbird Algoritma

Bola Hero Gawai

Beberapa Faktor Untuk Antisipasi Hummingbird Algoritma

Antisipasi Hummingbird Algoritma
Tampaknya tahun ini Google memang benar-benar tidak akan melakukan update PageRank. Buktinya sudah sampai tanggal 9 Oktober 2013 ini tidak ada tanda-tanda kehadirannya. Kalau melihat kebiasaan Google sebelumnya, maka seharusnya bulan September - Oktober ini adalah season ketiga untuk update PageRank pada tahun 2013 ini seperti yang sudah saya postingan sebelumnya.


Mungkinkan ini ada kaitannya dengan algoritma hummingbird yang baru Google luncurkan?

Tentu saja Google PageRank ini ada kaitannya dengan dengan algoritma Google. Karena memang pagerank merupakan salah satu unsur dari sekian banyak unsur yang menentukan kekuatan suatu web untuk menampilkan kontennya di halaman pertama Google. Namun bukan berarti web dengan PR yang tinggi akan menjamin kontennya muncul di halaman pertama Google.

Apalagi sekarang setelah algoritma hummingbird di luncurkan yang lebih mementingkan relevansi antara konten dengan pertanyaan-pertanyaan yang diketikan pada kotak penelusuran. Dengan ini telah terjadi perubahan besar pada hasil pencarian Google. Jadi sepertinya Google menunda waktu update pagerank dan menunggu waktu yang tepat untuk melakukanya. Karena kita tahu bahwa Google memang sulit untuk dipediksi dan ini menjadikan hal yang menarik di dunia maya ini. Nah pertanyaan yang muncul yaitu "Apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi hummingbird algoritma sekarang ini?"

Sebenarnya saya bukanlah seorang ahli SEO dan baru 2 tahun ini mengenal dunia blogging. Blog Kompi Ajaib yang saya kelola ini akhir-akhir ini jumlah pageview blog meningkat tajam. Hampir 80% pengunjung datang dari hasil pencarian Google. Tentunya hal ini cukup menggembirakan buat saya. Tidak banyak yang saya lakukan dalam menulis sebuah konten. Dan di bawah ini ada beberapa hal yang biasa saya lakukan yang mungkin bisa digunakan untuk mengantisipasi algoritma hummingbird ini.

1. Mencoba menulis sesuatu yang fresh.

Cobalah membuat konten yang fresh (segar) yang mungkin tengah dibicarakan oleh banyak orang atau sesuatu hal yang baru terjadi. Gunakan pemahaman sendiri dengan menggunakan gaya bahasa kita. Ini artinya kita jangan melakukan copy paste artikel orang lain meskipun kita menyertakan url sumber copas kita. Men-copas artikel orang lain tentunya ini akan menjadikan artikel yang kita buat menjadi basi dan tidak segar. Ini akan menjadi pandangan buruk search engine terhadap konten kita, dan kemungkinan ditendangnya artikel kita dari halaman pertaman Google akan lebih besar.

2. Mencoba menulis original konten dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Lagi-lagi di sini saya tekankan, jangan melakukan copas artikel orang lain karena jelas-jelas artikel copas adalah bukan artikel original. Artikel original bagus di hasil pencarian namun artikel original pun belum tentu menjamin bagus untuk blog kita jika artikel yang kita tulis terlalu berbelit-belit dan susah dimengerti pembaca. Sekali orang tahu bahwa konten kita susah dimengerti maka akan segan untuk kembali ke blog kita. Hal ini tentunya akan berdampak kurang baik pada blog.

3. Lakukan Authorship untuk blog kita.

Dengan kala lain ini adalah menghubungkan blog kita dengan profil Google+ kita. Tapi hali ini akan lebih dari sekedar menghubungkan blog dengan Google+, dan ini hal yang disukai oleh Google. Bisa kita lihat di hasil pencarian, url postingan disertai dengan photo profil Google+ yang menandakan bahwa postingan tersebut memiliki author yang jelas.

4. Terus lakukan update postingan blog.

Dengan rajin melakukan update postingan, maka Google akan semakin mudah meng-index blog kita dan postingan yang kita terbitkan tentunya akan mudah tampil di hasil pencarian. Tidak hanya Google yang menyukai hal ini, Alexa pun demikian seperti yang sudah saya utarakan pada postingan sebelumnya.

5. Tanamkan inbound link yang relevan.

Buatlah inbound link yang benar-benar relevan dengan postingan yang kita buat, sehingga pembaca akan lebih tertarik untuk menelusurinya karena ini masih berhubungan dengan postingan yang sedang dibacanya. Dan yang perlu diperhatikan adalah ini akan bisa dilakukan jika postingan yang kita buat benar-benar hasil pemikiran kita. Artikel copas tidak akan bisa melakukan ini dan akan benar-benar sulit untuk menanamkan inbound link yang benar-benar relevan dengan postingannya. Hal ini juga (inbound link) akan secara otomatis menaikan jumlah pageview blog kita.

Secara garis besar itulah yang tengah saya lakukan dan beryukur bahwa tampaknya burung kolibri Google menyukai blog yang saya kelola ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang dari hasil pencarian. Namun tentunya masih banyak lagi hal yang mesti dilakukan dalam mengantisipasi algoritma hummingbird ini agar blog kita disukai oleh search engine. Buatlah blog Anda seramah mungkin terhadap SEO, karena sekarang ini SEO masih berlaku di dunia internet ini.

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

54 Comments Add Comment

wah mas sekarang google jarang update page rank ya?? oh iya, mau tanya juga share google plus di blog saya kan pernah sampai 400k++ gara" google yang mabok, terus sitelink saya juga kena block(kayaknya sih) itu harus gimana ya mas?

Balas

Wah udah ganti nama jadi nama asli nih om adhy, saya juga pengen ganti dari Johny Mascolis jadi nama saya, tapi tunggu 3 bulan lagi :(

Balas

Alhamdulillah kang, blog saya kayaknya bisa menjinakkan burung ini....Traffik naik terus, dan saya rasa ke lima faktor di atas sudah saya terapkan....

Maaf kang, tolong jawab pertanyaanku di http://www.kompiajaib.com/2013/10/mengatasi-duplicate-description-akibat.html?showComment=1381146285573#c2769380935032946614

terima kasih sebelumnya

Balas

Sebenarnya site link adalah link yang otomatis diberikan Google di hasil pencarian, kita hanya bisa melakukan permintaan untuk tidak menampilkan link tertentu pada sitelink ke pihak Google di webmaster.

Balas

Iya hehehe banyak temen saya yang kebingunan hehehe dikirain photo saya dipakai orang lain hheehe :D

Balas

Di Algoritma hummingbrid ini, kualitas content yang berkualitas juga belum tentu masuk peringkat atas hasil pencarian mas :D (saya baca di blog master)

Balas

Iya mas, jika kita melakukan minimal 5 hal seperti di atas maka sepertinya burung peliharaan Google akan jinak hehehe :D

Balas

saya malah sebaliknya kang kompi :D
turun dari perkiraan di query google search wkwkwk :D

Balas

Iya betul mas, memang rumit untuk mengerti Google namun setidaknya jika kita melakukan hal-hal yang baik yang masih sesuai dengan ketentuan Google itu akan lebih baik. :)

Balas

Sukses om kompi, saya udah lepas dari nama Johny Mascolis :D

Balas

Mungkin gara-gara penggantian akunnya itu ya mas... :D

Balas

Hahaha iya mas Adhy :D saya denger juga google akan memberikan kejutan sebelum tahun 2014 atau sesudahnya :D saya lupa, hehehe

Balas

Heheehehe... siipp :D

Balas

Apakah itu...? Hehehehe mudah-mudahan kejutan yang baik untuk kita semua ya mas Ahmad hehehe :D Hadeueuehhh jadi berdebar-debar nih heuhheue :D

Balas

Terima kasih ya mas kompi :)

Balas

gan saya memutuskan untuk menghilangkan custom domain saya :D sekarang jadi blogspot lagi : http://bmaster23.blogspot.com/ tapi kenapa di pencarian google , "bmaster23" kok masih belum muncul ya?

Balas

kiat-kiatnya bisa di praktekkin nih.. thanks kang...

Balas
This comment has been removed by the author.

Sama-sama mas :D

Balas

Google perlu waktu untuk merubah domain di hasil pencarian mas :D

Balas

Iya semoga bisa bermanfaat :D

Balas

submit ulang disini https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?hl=en&mesd=eyJtdCI6IlJFUVVFU1RfUkVDRUlWRUQiLCJjdCI6MTMzMjg0NzQ4OTg3MSwicHMiOltdfQ%3D%3D

Balas

berarti kalau misalnya artikel saya adalah hasil transite dari blog luar sana tidak jadi masalah ya mas? walau saya transite tp saya juga menggunakan bahasa tersendiri.

Balas

gara2 burung satu ini pageview blog saya jadi berkurang 25% mas ditambah lagi alexa-nya naik ngak karu-karuan (mumet ndas q.....!)

maju terus.....

Balas

Akan lebih baik jika kita menggunakan translate untuk mengetahui atau mengerti inti dari artikel tersebut yang kemudian kita bercerita dengan bahasa sendiri dengan pokok bahasan seperti sumber sis :D

Balas

Yoi mas...maju terus hehehe :D

Balas

Saya juga menantikannya mas :D kayaknya sih pagerank :D

Balas

saya akan mencoba tipsnya satu persatu mas Andi mudah-mudahan sukses :)

Balas

berat kayaknya update postingan untuk saat - saat ini, karena kesibukan di dunia nyata. :D

Balas

Silahkan mas, mudah-mudahan sukses :D

Balas

Jika blogging sekedar hobi dan untuk mengisi waktu luang aja jangan sampai mengganggu pekerjaan utama kita :D

Balas

Siap pak bos, apalagi blog baru punya saya sepertinya wajib menerapkan ke 5 tips diatas, agar bisa nyundul di Pejwan Simbah google. Matur nuwun :D

Balas

nah ini dia yang sangat saya setujui, walau artikel bukan murni dari pemikiran kita, tapi yang penting kita bercerita dengan bahasa kita sendiri :)

Balas

Sayang mas saya jarang Update karena sibuk ngurusi blog yang ini http://ikwari.blogspot.com maklum jadi panitia

Balas

waduh mas.. sepertinya masih banyak yang harus di benahi dalam blog amburadul milik saya..

apa lagi sekarang ada masalah baru sama template nya mas.. tata letaknya tinggal separo.. yang separonya lagi nggak tau hilang kemana..

mas punya tempalate yang seo nggak mas.. kalau punya boleh saya melihatnya mas... saya mau ganti template saya...

Balas

Hehhehe sama-sama mas Adit :D

Balas

Hehehehe iya saya lihat lagi jadi reporter bola ya mas :D jebbrreettt goooolll |o|

Balas

Banyak sekarang template seo dan responsive mas, bisa dicari di kang Ismet, Maskolis, Kang Kapuk, Mas Sugeng, MKR, dll.

Balas

ilmu yg bermanfaat bg..
thanks untuk artikel nya, bisa saya terapkan ni.
salam kenal bg

Balas

met siang kang.ane mo tanya knp trafic pengunjung naik drastis dari 2800 smp 8rb lbh bahkn bisa mencapai 10rb per hari tp alexa malah gendut gk kurus kyk ane.mohn pencerahannya kang'
,sebelimnya hatur nuhn

Balas

Iya di kang beben juga ada tuh, bagus-bagus :D

Balas

Iya mas sama-sama semoga bermanfaat...

Balas

Biasanya nunggu stabil dulu, melonjak naik ga langsung langsing hehhehe :D dan dibandingkan dengan pesaingnya... :)

Balas

ohh...gitu y kang.nun atuh kang infona

Balas

Mas saya mau tanya, gimana agar gambar header blog saya saat di tampilan mobile tidak begini (http://prntscr.com/1we1df) dan bisa normal lagi, saya pakai cara mas adhy yang agar logo blog bisa di klik :D mohon jawabannya mas

Balas

iya kang, lagi reinkarnasi akun dulu heuheu :D

Balas

Alhamdulillah ya,.. sesuatu Mas Adhy. Dari nomor 1 sampai nomor 5, belum sempat saya lakukan mas.
Oh ya mas Adhy, Sepertinya Google sudah mulai nggak asyiik deh. Masa 3 blog saya lainya masih PR 0. Nggak lucu banget kan.
Kayaknya saya mulai nggak konsent, gara2 buat blog baru, jadi istri pertama nteu' kaurus... he... :D
Bere saran atuh kang Adhy,..
Hatur nuhun.

Balas

Kalau saya sih termasuk Copaser artikel media online lokal, tetapi saya rubah beberapa persen saja gaya bahasanya, walaupun judulnya tetap sama. hehehe :D

Balas

Makasih tips nya gan, saya sangat menanti2 update PR dari Google nih :(

Balas

Saya baca lagi artikel ini bang Adhy. Maklum saya sudah tua kali ya, sudah mulai lama untuk bisa mengerti aturan - aturan baru. sedangkan harusnya selalu menyajikan yang segar seperti artikel-artikel bang Adhy pada Kompi Ajaib ini.

Balas

Ternyata selain Algoritma Dinosaurus ada juga
Algoritma hummingbird, yah Kang Adhy.? menarik
Nih Kang artikelnya memberi pengetahuan baru buat saya

Balas

Iya betul, setuju, walaupun bukan dari olahan pikiran sendiri, tapi membuat postingan dengan narasi atau bahasa sendiri itu lebih baik untuk menghargai karya seni orang lain.

Balas
Add Comment

Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×