Membuat Gambar Postingan Dengan Size Kecil Dan Kualitas Bagus

Gambar Postingan Dengan Size Kecil Dan Kualitas Bagus
Jika kita membuat postingan dengan selalu menyertakan image atau gambar di dalamnya, maka kita harus memperhatikan size dan kualitas gambar tentunya, agar gambar-gambar tersebut tidak terlalu membebani pada blog. Menurut beberapa sumber, gambar yang diupload ke blog hendaknya mempunyai size di bawah 100kb, lebih kecil akan lebih bagus.

Banyak cara untuk membuat atau merubah size gambar atau image menjadi lebih kecil, diantaranya dengan cara mengompresnya. Banyak tool-tool yang dapat membantu kita untuk melakukan kompresi gambar agar size gambar menjadi kecil.

Namun perlu diingat juga, ketika kita mengompres gambar hendaknya perhatikan juga kualitasnya sehingga gambar masih bagus untuk dilihat. Artinya gambar tidak menjadi buram atau malah pecah.

Nah kali ini saya akan mencoba membagi trik yang saya gunakan untuk membuat gambar yang akan diupload ke dalam postingan. Postingan ini tentunya ditujukan bagi yang belum tahu, bagi yang sudah tahu tolong koreksi saya jika ada yang kurang pada uraian di bawah ini.

Untuk membuat gambar yang akan diupload ke postingan, biasanya saya menggunakan Photoshop (Dalam hal ini saya menggunakan versi CS3). Kemudian siapkan software untuk membantu mengompres size gambar. Di sini saya merekomendasikan memakai RIOT, karena software ini kecil dan gratis namun kemampuannya bisa diandalkan untuk mengompres gambar dan menjaga kualitasnya. Setidaknya itu yang sudah saya coba.

Untuk pertamanya tentunya kita harus menyiapkan gambarnya. Usahakan gambarnya memiliki kualitas yang bagus, atau bisa juga screenshot yang kita buat.

Jika gambar atau screenshotnya sudah siap, silahkan buka dengan Photoshop Anda. Kemudian yang pertama kali kita lakukan adalah menyesuaikan dimensi gambar agar pas dengan lebar postingan sehingga nantinya gambar tidak terlalu kecil atau lerlalu besar. Sebagai contoh, lebar postingan blog saya ini adalah 600px, maka saya membuat gambar dengan lebar 560px. Silahkan klik menu Image pada Photoshop, kemudian klik Image Size. Centang semua option yang di bawah agar perubahannya proporsional, rubah Resolution menjadi 72px (standar resolusi gambar untuk web), lalu silahkan beri lebar gambarnya pada Width (tingginya otomatis akan mengikuti berubah) kemudian klik OK.

Gambar Postingan 1

Kemudian silahkan klik menu File dan pilih Save for web and device.

Gambar Postingan 2

Kemudian pilih PNG-8 pada option Preset. Kenapa saya pilih PNG-8? Karena ketika menggunakan JPEG, gambar akan kurang baik ketika dikompres lagi dengan RIOT. Kemudian SAVE dan berikan nama untuk gambar Anda. Sekarang silahkan lihat size gambar Anda antara gambar aslinya dengan gambar yang sudah diproses seperti langkah di atas. Lebih kecil kan? Bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Gambar Postingan 3
Gambar Postingan 4
Gambar Postingan 5

Nah setelah itu silahkan gunakan software RIOT (Freeware) untuk mengkompres size gambarnya agar lebih kecil lagi. Dan untuk contohnya bisa Anda lihat pada gambar-gambar di atas. Itu sudah mempunyai size yang kecil dengan menggunakan trik di atas, setidaknya gambarnya masih bagus untuk dilihat.

Dan jangan lupa ketika mengupload gambarnya ke postingan silahkan pilih option Original Size atau Ukuran Asli, tambahkan juga title dan alt tag-nya juga dimensinya (width dan height sesuai dengan aslinya pada komputer kita). Simak juga postingan saya agar gambar valid HTML5 dan SEO friendly pada link di bawah ini.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments