Google Telah Melepas Burung Kolibri (Hummingbird Algorithm)

Hummingbird Algorithm
Algoritma baru ini telah ramai diperbincangkan di kancah dunia maya. Adalah Hummingbird Algorithm atau Algoritma Hummingbird yang telah diluncurkan Google yang membawa perubahan cukup besar atas hasil result pada mesin pencarinya. Google mengklaim bahwa ini algoritma tercepat dan tepat sesuai dengan namanya Hummingbird atau burung kolibri dengan kepakan sayapnya yang super cepat. Itulah alasan kenapa Google memakai istilah atau nama algoritma barunya dengan Hummingbird. Algoritma Burung Kolibri ini berpusat pada bagaimana Google dapat menjawab dengan cepat dan tepat untuk jutaan pertanyaan dengan keword yang panjang pada mesin pencari dengan jawaban dari website yang benar-benar relevan.

Sekarang ini zamannya semua responsive, jadi tidak hanya pengguna pc yang yang dapat menggunakan internet dan mencari jawaban-jawaban pada mesin pencari, namun device lainnya seperti smartphone juga kini menjadi sarana orang untuk menjangkau dunia internet. Dengan smartphone, kini orang banyak mengajukan pertanyaan untuk mendapat jawaban dari Google. Nah dengan algoritma baru ini Google menjawab semuanya.

Dengan smartphone yangn semakin banyak penggunanya, maka pengguna internet pun meningkat. Begitu pun dengan yang mengakses mesin pencari khususnya Google. Bayangkan saja, perdetiknya berjuta-juta orang menuliskan pertanyaan berbeda baik pertanyaan yang singkat atau pun panjang. Maka Google merasa harus mampu menjawabnya dengan cepat dan tepat. Maka Google meluncurkan Hammingbird Algorithm untuk merespon semua itu.
Dan akibatnya Hammingbird Algoritma ini menyebabkan perubahan besar-besaran pada hasil pencarian. Ada yang mengatakan ini menyebabkan perubahan hampir 90% pada search reasult. Wow...cukup besar juga perubahan yang terjadi ya... 

Sebenarnya algoritma ini telah Google luncurkan kurang lebih sebulan yang lalu namun baru ramai diperbincangkan pada minggu-minggu ini. Mungkin karena efek dari algoritma ini baru terasa dan terlihat pada search reasult.

Apakah blog kita terkena imbasnya? Apakah burung kolibri ini ramah terhadap blog kita? Kita berharap yang terbaik saja pada blog kita. Kita bisa memantau perkembangannya apa yang terjadi pada blog kita. Cobalah lihat pageview yang berasal dari hasil percarian, apakah meningkat atau menurun? Bisa Anda lihat pada menu Stats di dashboard >> Traffic sources. Atau bisa Anda gunakan Alexa blog Anda, apakah Search Traffic-nya meningkat atau menurun? Jika aliran pengunjung dari hasil pencarian meningkat maka bisa diartikan bahwa Hummingbird Algoritma telah menyukai blog kita dan posisi kita aman di hasil pencarian. Namun jika sebaliknya, maka kita harus berhati-hati karena kemungkinan burung kolibri ini tidak menyukai blog kita dan menendangnya dari hasil pencarian.

Dalam hal ini saya menyarankan kita lakukan hal-hal natural saja dalam mengelola blog kita. Terus update artikel, namun jangan terlalu berlebihan dalam optimasi SEO-nya. Sehingga kita tidak terjebak dalam kotak pasirnya yang akan menyebabkan semakin parahnya posisi kita di mata Kolibri ini.

Lalu bagaimana dengan rangking blog? Tentunya Google masih peduli dengan rangking ini karena ini adalah salah satu unsur yang menentukan baik atau relavannya suatu konten dari suatu web atau blog.

Sementara itu untuk blog Kompi Ajaib sendiri jika dilihat traffic source dari pencarian search engine di Stats-nya menunjukan kenaikan, begitu juga jika dilihat dari Alexa untuk search traffic. Mudah-mudahan ini pertanda baik. Bagaimana dengan blog Anda?

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments