Apakah Pageviews Blog Anda Nyata?

Pageviews Blog
Seperti baru terbangun dari tidur, saya baru tersadar bahwa selama ini saya melihat dan menghitung pageviews blog saya dengan cara yang sedikit keliru atau salah. 

Setiap pagi pasti saya selalu mengecek berapa pageviews blog saya untuk hari ini.

Melihat angka yang tertera di dashboard setiap harinya membuat saya tetap semangat untuk terus mencoba berbagi dengan yang lain. Namun ternyata angka tersebut tidak benar-benar menunjukan jumlah nyata pageviews blog dari pengunjung blog.

Ternyata jumlah pageviews yang selama ini ada di data statistik blog ternyata campur baur dengan jejak pageviews saya sendiri sebagai admin blog. Jumlah pageviews admin ini berasal dari pageviews kita sebagai admin seperti ketika membuka halaman untuk menjawab komentar, dan lain-lain. Nah jika hari ini kita mendapat pageviews 6000, maka perkiraan pageviews yang benar-benar berasal dari pengunjung blog adalah sekitar 3000 sampai 4000-an. Sisanya sekitar 2000-3000 adalah pageviews kita sendiri. 

Mungkin hal ini juga banyak yang tidak disadari oleh banyak blogger seperti halnya saya hehehe... Nah agar kita benar-benar mendapatkan data statistik pageviews blog kita yang berasal dari pengunjng blog, maka kita harus menonaktifkan perekaman jejak pageviews kita sendiri sebagai admin blog. Jadi nantinya jumlah pageviewsnya benar-benar dari pengunjung blog. 

Caranya cukup mudah dan pasti Anda juga sering melihatnya. Coba masuk ke Stats / Statistik di dashboard blog, pada bagian Overview / Ikhtisar di situ tertera tulisan "Don't track your own pageviews" / "Jangan lacak tayangan laman Anda sendiri" yang berwarna biru. Silahkan klik tulisan tersebut dan ketika tampil dialog box silahkan pilih "Jangan lacak tayangan laman saya" kemudian simpan. Dengan begitu maka blogger tidak akan menghitung jumlah pageviews admin blog dan akan menampilkan jumlah pageviews hanya dari pengunjung blog.

Nah semoga pengalaman saya ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments