Mengatasi Broken Link Di Blog

Check Broken Link
Seperti informasi yang saya dapatkan, sudah beberapa hari ini Google tengah melakukan update Pinguin 2.0 yang pengaruhnya bisa dirasakan khususnya pada hasil pencarian. Dampak yang bisa dilihat secara langsung yaitu menurunnya jumlah pageview blog/website.

Untuk itu kita sebaiknya jangan tinggal diam saja, segeralah periksa blog kita dari berbagai aspek terutama yang menyangkut dengan link-link tautan khusunya link-link yang keluar dari blog kita atau link external. Salah satunya yang akan saya share kali ini yaitu mengatasi broken link di blog.

Sepengetahuan saya dari pengalaman ngeblog selama ini, broken link banyak terjadi di daerah komentar, link exchange, dan postingan yang menyertakan link hidup yang menuju blog tertentu. Kebanyakan blog-blog yang menjadi tujuan link sudah tidak ada alias sudah dihapus Google. Untuk di komentar, hal ini terjadi ketika saya masih menggunakan settingan komentar dengan "Anyone - includes Anonymous Users" atau "Registered User - includes OpenID". Dengan settingan tersebut banyak komentator-komentator meninggalkan link-link blognya guna mendapatkan backlink. Nah ketika blognya telah lenyap, maka linknya meninggalkan link error 404 pada komentar blog kita dan itu akan menyebabkan nilai blog kita akan semakin berkurang. Coba silahkan baca lagi postingan saya tentang memilih settingan komentar untuk optimasi blog DI SINI.

Begitu juga dengan link exchange. Karena saking banyaknya tukar link yang kita lakukan, kita malah males untuk memeriksa lagi apakah link-link tersebut masih eksis atau sudah mati. Padahal ini merupakan hal yang mesti dilakukan agar tukar link tersebut berkualitas. Karena seperti yang saya katakan di atas, dengan adanya link mati di blog kita maka akan mempengaruhi kualitas blog kita khususnya di SERP.

Nah untuk itu segeralah periksa broken link di blog Anda. Salah satunya Anda bisa menggunakan layanan online gratis dari http://www.brokenlinkcheck.com/. Cara mengeceknya cukup mudah, Anda hanya memasukan nama blog Anda pada kotak yang disediakan kemudian klik tombol "Find broken link". Tunggu saja proses pemeriksaan broken linknya dan hasilnya akan ditampilkan dalam tabel. 

Nah sekarang giliran cara mengatasi broken linknya. Silahkan klik text "src" yang berkedip-kedip pada setiap baris kolomnya. Di situ akan terlihat di bagian mana yang mengandung broken linknya, apakah di area komentar atau postingan. Jika di area komentar, silahkan hapus komentar tersebut dari postingannya, begitu juga pada area postingan silahkan edit lagi postingannya dan perbaiki link matinya. Untuk melihat url postingannya yang ada broken linknya ada di bagian paling atas pada halaman yang menunjukan error broken link tadi.

Demikian saja postingan cara mengatasi broken link di blog kali ini semoga bisa dimengerti dan bermanfaat.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments