Trik Menaikan Nilai SEO Blog

Nilai SEO Blog
Saya enggak tahu pasti apakah ini benar atau salah. Maklum saya bukan ahli optimasi blog, hanya berbicara berdasarkan pengalaman. Pengalaman kali ini tentang salah satu cara atau trik untuk menaikan Nilai SEO blog.

Untuk mempunyai blog yang SEO Friendly, saya mencoba untuk mengganti template blog yang lebih SEO Friendly dari Maskolis karena sudah menggunakan tag h1, h2, dan h3. Kemudian saya juga mengikuti berbagai tutorial tentang cara membuat blog menjadi SEO Friendly.

Namun mungkin ada hal yang masih kurang, karena blog saya masih belum mencapai nilai SEO yang memuaskan. Ketika saya cek nilai SEO blog di Chkme, blog saya hanya mendapat nilai 87%. Setelah saya cek bagian mana yang masih menjadi masalah kurangnya nilai SEO blog, di Chkme tercantum ada beberapa gambar atau image yang tidak mempunyai deskripsi. Saya mulai berfikir, mungkinkah itu popular post? karena di blog saya yang mengunakan gambar salah satunya yaitu thumbnail pada popular post.

Setahu saya gambar atau image hanya bisa ditambahkan tag alt dan title, bukan deskripsi. Bagaimana caranya....? Saya pikir daripada pusing mikirin cara memberi deskripsi pada image, saya coba untuk menghilangkan imagenya saja. Kemudian saya merubah widget popular post yang tadinya menggunakan thumbnail menjadi tanpa tambnail. 

Kemudian saya mencoba mengecek lagi nilai SEO di Chkme, dan ternyata nilai SEO blog saya menjadi naik. Bahkan yang mengagumkan, sekarang nilai SEO blog saya perfect alias 100%. 

Nah jadi kesimpulan dari pengalaman ini adalah untuk menaikan nilai SEO blog, coba hindari untuk menggunakan widget popular post dengan thumbnail. Untuk membuktikannya, jika blog Anda sekarang menggunakan widget popular post dengan thumbnail, coba cek skor SEO-nya di Chkme. Setelah itu coba hilangkan thumbnailnya dan coba cek lagi... apakah ada perubahan pada skor SEO blog Anda?

Nah sebagai bonus, saya akan bagikan cara memodifikasi popular post tanpa thumbnail yang saya gunakan sekarang. Script ini saya dapat dari blog Bang Jefri, hanya merubah sedikit agar sesuai dengan blog saya.

Popular Post

Silahkan copas kode CSS di bawah ini DI ATAS kode ]]></b:skin>:

#PopularPosts1 ul{padding: 5px 5px 0 5px}
#PopularPosts1 {font-size:10px;padding-bottom:0px;border-top:0}
#PopularPosts1 ul li {background:#e1e1e1 url(http://4.bp.blogspot.com/-7CHpNrL3BIY/UQFD2sPq6LI/AAAAAAAAI8E/Jibvq813XCE/s400/33.gif) no-repeat scroll 5px 8px;list-style-type: none;margin: 0px 0px 5px;padding: 5px 5px 5px 20px !important;border: 1px solid #e1e1e1;}
#PopularPosts1 ul li:hover {background:#fff url(http://4.bp.blogspot.com/-7CHpNrL3BIY/UQFD2sPq6LI/AAAAAAAAI8E/Jibvq813XCE/s400/33.gif) no-repeat scroll 5px 8px;list-style-type: none;margin: 0px 0px 5px;padding: 5px 5px 5px 20px !important;border:1px solid #666666;}
#PopularPosts1 ul li a{font:13px Oswald}
#PopularPosts1 ul li a:hover {color:#b0130d;text-decoration:none;}

Kemudian pada gadget popular post di tata letak atau layout, hilangkan ceklis pada thumbnailnya.

Agar sesuai dengan blog Anda, silahkan sesuaikan pada kode CSS di atas sesuai dengan blog Anda, seperti warna background atau tulisannya.

Demikian postingan trik menaikan nilai SEO blog kali ini semoga dapat dimengerti dan bermanfaat...

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments