Cara Mengatasi Auto Content Blog

Cara Mengatasi Auto Content Blog
Sebenarnya ini adalah hak masing-masing individu untuk membuat blog sebagaimana kehendaknya. Dan tentunya isinya pun terserah kehendak si pembuatnya, bisa blog tentang curhat, bagi-bagi software, tutorial, dan lain sebagainya.

Namun saya enggak setuju dengan yang satu ini, Auto Content Blog. Yang hanya mengambil content blog orang lain untuk mengisi postingan blognya. Biasanya mereka mengambil content blog orang lain dari feed blog sasarannya tanpa menyertakan link orsinil contentnya. 

Dan lebih parahnya lagi, link yang sengaja penulis sisipkan, mereka hilangkan. Dan mereka sebut blognya Semi Auto Blog yang artinya content yang mereka ambil tidak langsung mereka tayangkan, namun mereka edit dulu baru dipublikasikan.

Untuk mengatasi hal tersebut di atas, silahkan atur feed blog Anda. Bagi blog yang tidak memakai auto slider atau thumbnail di homepage, Anda bisa mengatur feed blognya ke "Short". Dan yang memakai auto slider atau thumbnail di homepage, Anda bisa mengatur feednya ke "Until Jump Break". Namun Anda harus sedikit extra kerjaan ketika menulis postingan yaitu menambahkan "Jump Break" pada postingan Anda.

Jump Break

Untuk mengatu feed blog , silahkan masuk ke Dashboard Blog >> Setting >> Other >> kemudian atur option pada "Allow Blog Feed".

Namun tentunya hal ini tidak bisa mencegah aksi copas langsung di blog Anda. Sebenarnya saya sendir tidak mempungkiri sering copas dari blog orang lain seperti kode-kode HTML untuk memodif blog. Ya saya copas karena saya tidak bisa menghapal kode-kode yang rumit begitu. Pada waktu saya pertama mengenal dunia blogging, saking bingungnya mengisi postingan ya saya lakukan "copas" juga pada artikel yang saya angap menarik, namun seiring waktu berlalu dan seringnya membaca tentang etika "ngeblog", saya mulai tersadar dengan tujuan ngeblog saya sebenarnya yaitu "belajar".

Namun untuk artikel, sampai saat ini biasanya jika menemukan artikel yang menurut saya menarik, saya baca dan ambil intinya untuk dijadikan inspirasi dan kemudian menulisnya dengan bahasa saya dan tentunya disertakan link inspiratornya. Sehingga dengan begitu kita tidak melakukan "Copy" dan "Paste". Namun sejujurnya saya juga melakukan copas jika menemukan artikel dengan bahasa lain seperti blog bahasa Inggris (jika tidak ada sarana untuk translate hehehe...), saya copy dan paste ke translator biar bisa mengerti bahasanya hehehe...

Namun tentunya itu semua kembali ke kita semua. Apa tujuan ngeblog Anda...? Kalau emang kita ngeblog untuk tujuan belajar, maka belajarlah dengan benar dengan mengikuti etika ngeblog, jangan sampai tindakan kita merugikan orang lain yang notabene memberikan pencerahan pada kita. Dan sebenarnya dengan copas juga tentunya dapat merugikan diri sendiri, selain kita tidak dapat ilmu dari "ngeblog", blog kita juga terancar amukan "piaraan" Google. Sepertinya kita juga tidak bisa menghindari amukan "piaraan" Google, biarpun kita menyertakan link sumber artikel copas kita.

Nah mulai sekarang, yuk kita belajar "ngeblog" dengan benar. Kurangi aksi copas-mencopas kalau bisa jangan lakukan copas, bila terpaksa copas maka harus mencantumkan link sumbernya. Dan lebih baik membuat postingan orsinil, tidak mencoba membuat Auto Blog, dan lain-lain....

Sebagai hadiah, silahkan nikmati lagu jazz yang satu ini dari Indra Lesmana and gangs


Demikian saja postingan cara mengatasi auto content blog, semoga dapat dimengerti. Kalau ada yang kurang silahkan tambahkan dan kalau ada yang salah tolong dikoreksi ya....

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments