Cara Submit Sitemap Ke Webmaster Tools

Logo Sitemap
Secara sederhana sitemap atau peta situs adalah cara untuk memberitahu Google tentang semua halaman di situs Anda. Membuat dan mengirimkan sitemap atau peta situs dapat membantu memastikan bahwa Google mengetahui tentang semua halaman di situs Anda, termasuk URL yang mungkin tidak ditemukan oleh proses crowling biasa oleh Google.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sitemap untuk menyediakan Google dengan metadata tentang jenis spesifik dari konten di situs Anda, termasuk video, gambar, berita, dan lain-lain. 

Anda juga dapat menggunakan Sitemap untuk memberikan informasi tambahan tentang situs Anda, seperti tanggal dan seberapa sering Anda melakukan update pada web atau blog Anda. Sitemap akan sangat membantu jika situs atau blog Anda memiliki konten dinamis, memiliki halaman yang tidak mudah ditemukan oleh Googlebot selama proses crawling (misalnya halaman yang menampilkan gambar), situs atau blog Anda masih baru, blog Anda memiliki arsip besar halaman konten yang tidak terkait satu sama lain, atau tidak terhubung sama sekali.

Nah untuk itu kini saya share Cara Submit Sitemap Ke Webmaster Tools. Caranya cukup mudah, silahkan Anda masuk dan login ke Webmaster DI SINI.

Bila Anda belum menambahkan blog Anda ke Webmaster, silahkan klik pada tombol Add a Site dan silahkan masukan URL blog Anda.

Submit Sitemap 1
Submit Sitemap 2
Setelah Anda menambahkan blog Anda ke Webmaster, silahkan lakukan site verification, copy kode verifikasi dan simpan di bawah kode <head> pada template blog Anda bersama dengan meta tag yang lainnya. Biasanya kodenya akan berupa seperti di bawah ini.

<meta name="google-site-verification" content="KODE UNIK BLOG ANDA">

Setelah itu klik verify pada Webmaster Tools untuk memverifikasi kode pada blog yang Anda pasang tadi.

Setelah Anda memverifikasi blog Anda, sekarang silahkan lakukan submit sitemap dengan klik menu Optimization >> Sitemaps. Klik tombol Add/Test Sitemap di sebelah kanan atas.

Submit Sitemap 3
Masukan kode di bawah ini ke kolom yang disediakan kemudian klik tombol Submit Sitemap di bawahnya.

atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Namun jika blog Anda sudah memiliki postingan lebih dari 500, silahkan tambahkan dan submit sitemap dengan kode di bawah ini.

atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

Jika postingan blog Anda lebih dari 1000, silahkan tambahkan dan submit sitemap dengan kode di bawah ini.

atom.xml?redirect=false&start-index=1001&max-results=500

Dan begitu seterusnya.....

Dan tunggu 1 hingga 2 hari untuk direspon oleh Google untuk di-crawl oleh Googlebot-nya. Demikian saja postingan Cara Submit Sitemap Ke Webmaster Tools ini semoga dapat dimengerti dan bermanfaat...

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments