Hal Yang Perlu Diperhatikan Setelah Ganti Domain

Sebagai blogger pemula alias Newbie menurut bahasa kerennya, saya mencoba sesuatu yang baru yang belum saya rasakan. Setelah beberapa bulan mengutak-atik blog dan dirasa blog cukup mendapatkan perkembangan yang menggembirakan, akhirnya saya mencoba untuk merasakan blog dengan domain sendiri, seperti yang saya posting sebelumnya di sini.

Dan sekarang saya mencoba membagikan pengalaman saya dengan domain baru ini. Ada beberapa hal yang harus kita ketahui sebelum mengganti domain dengan domain kita sendiri yang boleh saya katakan sebagai resiko ketika mengganti domain. Hal-hal ini perlu kita ketahui sebelumnya agar disaat kita sudah mengganti domainnya, kita tidaklah terlalu kaget. 

Sebenarnya mengganti domain itu sangatlah mudah. Kita hanya perlu membeli domain di hosting yang menyediakan domain, selanjutnya pergantian domain dapat kita lakukan atau apabila kita merasa khawatir terjadi kesalahan pergantian domain, kita bisa meminta bantuan pihak hosting di mana kita membeli domain tersebut... Hanya dalam hitungan jam, domain kita sudah aktif dan bisa dipakai. 

Setelah itu... maka akan ada sedikit pekerjaan untuk Anda selesaikan sebagai resiko pergantian domain. Dari pengalaman saya, Hal Yang Perlu Diperhatikan Setelah Ganti Domain tersebut diantaranya:

1. Alexa Rank akan menjadi No Data alias Nol. Seperti blog Kompi Ajaib ini, sebelum menggunakan domain sendiri, Alexa Rank sudah berada pada hitungan 250 ribuan, sudah lumayan kan...? Nah untuk mengatasinya, kita harus mendaftarkan kembali domain baru kita di tante Alexa untuk medapatkan kode verifikasinya. Ganti kode verifikasi Alexa lama kita dengan kode baru kemudian lakukan verifikasi di Alexa. Sesudah domain baru kita terbaca Alexa, maka lambat laun Alexa Rank kita akan bangkit kembali. Seperti Kompi Ajaib ini, setelah 1 minggu dari pergantian domain kini sudah ada di 1,5 jutaan. Lumayan cepatkan turunnya...?

2. Google Rank menjadi N/A alias Nol. Yang saya baca dari blogger-blogger lain, Google Rank anak naik lagi seiring waktu. Kita harus bersabar, yang penting kita harus tetap mengupdate blog kita dengan postingan-postingan baru sehingga blog kita terus mendapat pengunjung dan angka kunjungan blog tetap stabil.

3. Kembali lakukan verifikasi pada Webmaster untuk domain baru kita, ganti kode verifikasi lama kita dengan kode baru yang diberikan Webmaster, lalu lakukan verifikasi untuk memastikan domain baru kita diterima Webmaster.

4. Kalau Anda sebelumnya sudah melakukan submit ke Bing juga, sebaiknya lakukan lagi untuk domain baru Anda. Ganti meta tag verifikasi lama Bing Anda dengan kode baru seperti halnya Alexa dan Webmaster. Untuk mensubmit ulang blog Anda silahkan masuk di sini. Namun pengalaman saya untuk kode verifikasi dari Bing tidak berubah, Anda hanya perlu menambahkan site/URL domain baru Anda pada akun Bing Anda.

Mungkin itu saja yang saya sharing pangalaman saya ketika mengganti domain. Sehingga dengan mengetahui Hal Yang Perlu Diperhatikan Setelah Ganti Domain, Anda dapat menjadikannya sebagai pertimbangan perlu atau tidaknya berganti domain.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments